Pegunungan yang cocok untuk pendakian di Wonosobo

1. Gunung PRAU Dieng
G. Prau
Gunung Prahu adalah sebuah gunung yang terdapat di Dataran Tinggi Dieng tepat di perbatasan Kabupaten Kendal dengan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Berada di koordinat 7°11′13″LU 109°55′22″BT.
Gunung itu merupakan salah satu puncak di Dataran Tinggi Dieng selain Gunung Sipandu, Gunung Pangamun-amun, dan Gunung Juranggrawah ini memiliki ketinggian 2.565 meter di atas paras laut.
Gunung ini memiliki kawasan hutan yang masih asri, indah dan terjaga. Di dalamnya terdapat berbagai tumbuhan seperti Kantong Semar, aneka tumbuhan paku dan satwa. Sedangkan di sisi Kabupaten Wonosobo, terdapat berbagai peninggalan masa lalu berupa candi.

2. Gunung Sikunir
gunung ini salah satu tempat untuk melihat sunrise terbaik di indonesia,berada di desa sembungan desa tertinggi di indonesia dengan ketinggian sekitar 2300Mdpl
Sikunir
pendakian gunung sikunir dengan ketinggian 2350 dapat di mulai dari telaga cebong ,telaga cebong ini tempat wisata mirip seperti cibodas ada banyak warung jualan dan hawa disini sangat dingin ,untuk melihat golden sunrise yang terkenal di puncak sikunir kemarin gw hanya butuh waktu 20 menit dari telaga cebong sampai puncak sikunir tapi rata2 kalau santai jarak tempuh 1KM dengan lama 45menit – 1 jam,untuk menuju telaga cebong ini cukup mudah . dari wonosobo naik angkot arah dieng ,setelah sampai pertigaan dieng turun lalu naik ojek sejauh 7KM dengan bayaran 15 ribu sampai telaga cebong.ini gw berikan beberapa foto di gunung sikunir yang terkenal dengan nama golden sunrise.

3. Gunung Sumbing
G. Sumbing
Gunung Sumbing adalah sebuah gunung yang terdapat di Pulau Jawa, Indonesia. Tegak setinggi 3.371 meter, gunung ini terletak di tiga kabupaten yakni Kabupaten Magelang, Temanggung dan Wonosobo.
Gunung Sumbing mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Sebagian besar wilayah di gunung ini telah digunakan untuk lahan pertanian. Di puncaknya gunung ini mempunyai kawah yang masih aktif.

4. Gunung Sindoro
G. Sindoro
Gunung Sindara, biasa disebut Sindoro, atau juga Sundoro (altitudo 3.150 meter di atas permukaan laut) merupakan sebuah gunung volkano aktif yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia, dengan Temanggung sebagai kota terdekat. Gunung Sindara terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing.
Kawah yang disertai jurang dapat ditemukan di sisi barat laut ke selatan gunung, dan yang terbesar disebut Kembang. Sebuah kubah lava kecil menempati puncak gunung berapi. Sejarah letusan Gunung Sindara yang telah terjadi sebagian besar berjenis ringan sampai sedang (letusan freatik).

5. Gunung Sikudi


Sumber : Photo 
                Lainnya 

0 Response to "Pegunungan yang cocok untuk pendakian di Wonosobo"

Post a Comment