Balada Mahasiswa Dari Tugas Mudah Menjadi Tugas Paling Kontroversial

Awal mula cerita dari matkul Pemprograman Berorientai Objek. Matkul yang membahas tentang data dan fungsi yang dibungkus ke dalam kelas-kelas atau objek-objekk. Dengan contoh mobil yang tiap-tiap elemen termasuk dalam kelas. Misal kelas dari pintu mobil, kelas rem dsb.

Waktu berjalan, pertengahan semester dibagilah kelompok terdiri dari 3 orang dan sampailah tiba saatnya pemberian tugas besar akhir semester. Yaitu tugas untuk menghitung kebutuhan kalori sehari, untuk pencegahan diabetes. Yap, dengan semangatnya kelompok saya mengerjakan tugas tersebut. Saking semangatnya, tugas telah selesai dengan cepat, sebelum jadwal pengumpulan (walaupun sebetulnya yang mengerjakan hanya saya seorang). Kelompok saya mengumpulkan lebih awal.

Emmm... karena teman-teman yang lain tahu kelompok saya sudah lebih dulu mengumpulkan dan sangat kebetulan sekali teman-teman juga belum selesai. Dan mintalah teman saya untuk membantunya. Karena sifat dasar dari manusia adalah saling tolong menolong maka saya ikut membantunya.

Awalnya saya kira cuma membantu 1 kelompok saja. Tapi ternyata di Lab. Komputer sudah berkumpul orang sekitar 20 orang. Kaget brooo....

Ya... akhirnya mulailah dengan judul "Belajar Kelompok" . Karena waktu itu saya tidak membawa laptop, hanya membawa hardisk, maka saya memakai laptop teman. Niat saya simpel, "copy ke laptop, lalu nanti filenya dihapus". Bla bla... saya ngomong. Tapi sayangnya hanya beberapa saja yang memperhatikan. Ya tak apalah, mungkin mau tanya lagi sama temen yang lain, pikirku.

Selesailah sesi "Belajar Kelompoknya". Kembali ke niat awal, yang menghapus file asli dari kelompokku. "Klik" .... eettt , belum sampe klik ada temen bilang. "Eh, filenya tak pake referensi kelompokku ya..."
Done. Akhirnya tak jadi dihapus broo... "Ya bolehlah, kan cuma buat referensi, berarti bukan copas yang lalu nanti dikumpulkann", pikir saya.

Tibalah hari pengumpulan tugas. 
Sampai dihari liburan, pak dosen ngepost. Katanya banyak file yang mirip, pak dosen mempersilahkan jika ada yang mau klarifikasi soal tugasnya. Artinya ada 1 file yang hanya dicopas lalu dikumpulkan.
Pikirku simpel lagi, "Ahh, saya nggak copas ini, murni ngerjain sendiri, tak perlu ada klarifikasi"

Jeng...jeng... Ada kabar nilai telah keluar. Saya buka nilainya, jedderrr... bak kesambar petir. Nilai matkul PBO saya sama dengan yang lain. Nilai yang sama dengan teman-teman copas tugas. Nilai yang tidak saya harapkan, karena menurut saya, saya memenuhi kriteria nilai yang saya harapkan.
Wah perlu klarifikasi nihh..

Datang ke ruangan dosen buat klarifikasi. Bla bla bla... saya klarifikasi. Ternyata sebagian besar file tugas teman-teman mirip dengan punya saya. Beuh... kaget bro.. Dari mana dia dapat file tersebut, saya juga tidak tahu. Karena mereka tidak ijin tidak juga apa...
Tapi alhamdulillah sang Dosen juga memberi saya nilai sesuai dengan kriteria yang saya harapkan.

Ternyata dari yang awalnya "Belajar Kelompok" ajang referensi malah jadi ajang "Copas". Dan sungguh saya tidak tahu sama sekali.

Sungguh tugas yang kontroversial. -,- 
 


 

 






0 Response to "Balada Mahasiswa Dari Tugas Mudah Menjadi Tugas Paling Kontroversial "

Post a Comment